Kamis, 26 Juli 2007

Manusia versus Komputer

Tanggal 23-24 Juli kemarin diadakan turnamen poker antara manusia melawan komputer yang pertama kali di Vancouver. Pertandingan poker antara Polaris (di pihak komputer) melawan Phil Laak (di pihak manusia), juara World Poker Invitational 2004, bersama Ali Eslami akhirnya dimenangkan oleh tim Phil Laak. Polaris diciptakan oleh pakar intelijensi buatan dari University of Alberta (di Kanada) dan diklaim sebagai program permainan poker yang paling sulit. Tapi ternyata bisa dikalahkan oleh Phill Laak! (ck..ck..ck hebatlah si Phill ini). Peristiwa ini mengingatkan saya ketika Gary Kasparov bisa mengalahkan Deep Blue dalam turnamen catur melawan komputer pada tahun 1989 (walaupun dia kalah pada tahun 1996 dan 1997, tahun 2003 Kasparov menahan imbang dalam bermain catur melawan Junior dan X3DFritz--info baca di sini).

Dari dulu sampai sekarang, para ahli intelijensi buatan selalu berusaha untuk membuat suatu sistem cerdas yang bisa mengalahkan juara dunia. Turnamen-turnamen semacam ini (komputer vs manusia) menarik untuk diikuti untuk melihat sejauh mana intelijensi buatan berkembang. Mungkin setelah catur dan poker di masa yang akan datang akan ada pertandingan domino, ular tangga, atau monopoli antara manusia melawan komputer. Mungkinkah nanti otak komputer bisa mengimbangi otak manusia yang menurut saya sangat luar biasa? Kita tunggu saja nanti dan ingat jangan melamun saja saat menunggu saat itu tiba....

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalo aku justru khawatir sep.

Tar kalo otak komputer dah serumit otak manusia, bisa2 manusia dikalahkan oleh komputer, terus dijajah, terus terjadi lah Judgement Day - Terminator saat robot mulai menguasai manusia.

Sejujurnya, aku khawatir hari itu akan datang, walaupun aku ga pernah melamun