Selasa, 24 Juli 2007

Era 'Knight Rider' Akan Segera Tiba

Siapa yang nggak pernah nonton film 'Knight Rider'? Semua pasti ingat mobil sedan hitam bernama 'Kitt' di film tersebut kan? Beberapa waktu lalu saya membaca artikel di sebuah surat kabar (sebut saja namanya Kompas, he...37x) yang membahas tentang mobil yang didesain khusus untuk mengurangi angka kecelakaan. Mobil ini dilengkapi dengan sensor panas untuk mendeteksi apakah ada makhluk hidup di depan mobil tersebut. Hasil pembacaan sensor ini ditampilkan di monitor di dashboard mobil. Mobil ini juga dilengkapi dengan radar yang bisa mendeteksi apakah ada mobil lain di sekitarnya. Mobil ini akan mengerem secara otomatis jika akan menabrak benda di sekitarnya.

Saat ini juga sudah ada mobil yang benar2 tidak perlu dikendalikan oleh manusia. Salah satunya adalah Junior, sebuah mobil VW Passat warna biru. Mobil ini mampu untuk menentukan rute yang akan diambil, mampu memutuskan kapan dia harus menyeberang di perempatan. Mobil ini dilengkapi beberapa kamera video dan radar laser yang mampu memantau dalam radius 50 meter. Ck..ck..ck..mobil yang benar-benar hebat!

Mobil-mobil semacam itu akan berkompetisi di DARPA Urban Challenge tanggal 3 November 2007 nanti. Mobil-mobil cerdas tersebut rencananya akan dipasarkan pada tahun 2030 (yah..sekitar 23 tahun lagi).Bayangkan kalau jaman itu sudah tiba, mobil2 berjalan tanpa perlu dikemudikan (adegan film horror mobil berjalan sendiri nggak akan laku lagi nanti, he..37x). Kapan ya Indonesia bisa ikut berpartisipasi mengembangkan mobil cerdas? Makanya jangan melamun saja, saatnya belajar dan berkarya...

Tidak ada komentar: